Total Tayangan Halaman

Sabtu, 03 September 2011

Bacalah

Akra Akra Akra.

Masih terngiang di telinga kata-kata ini.  Diucapkan oleh salah seorang kawan ketika saya sedang bekerja di gurun Sahara tepatnya di sebuah daerah bernama Hassi Messaoud, Ouargla, Aljazair.

Karena penasaran akan arti kata itu saya pun bertanya kepada kawan yang lain. Katanya " Baca, baca ,baca ".
Oh iya bener ternyata artinya sama seperti dengan kata pertama yang diturunkan dalam Al-Quran Bacalah.

Secara mendalam saya memaknai ini sebagai sebuah peringatan kecil bahwa memang segala sesuatu itu harus dilakukan berdasarkan ilmu. Melalui membaca inilah kita bisa mempelajari dan memahami suatu ilmu.

Karena dengan membaca kita akan mengenal dunia.

Karena dengan membaca kita dapat pindah dari kejahiliyahan menuju kefahaman

Karena dengan membaca kita bisa melihat yang terang dari yang gelap

dan dengan membaca kita bisa menguak kebenaran dari sesuatu yang salah.

Terkadang saya bisa membaca buku manual kerjaan dalam waktu yang cukup signifikan. Tapi di sisi lain kadang berat rasanya untuk membuka kalam kehidupan. Padahal disitulah saya bisa mendapatkan panduan hidup yang sebenarnya.

Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa (QS 2 : 2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar